Hai semuanya!

                Banyak hal yang bisa menghambat kamu dalam berkembang, salah satunya adalah sifat minder dan rasa ngga percaya diri. Minder itu sebenernya manusiawi, tapi jangan sampai keseringan. Karena minder itu nyiksa banget. Contoh kecilnya aja, kalau kalian lagi belajar di kelas dan ada guru yang nanya. Sebenernya kalian bisa jawab, tapi karena malu dan ngga pede, kalian malah diem aja. Hal-hal kecil kaya gitu yang harus kalian hilangin supaya bisa berkembang. Bukan dalam karir aja, tapi juga dalam pertemanan. Gimana sih caranya? Check it out!


1.     Ubah Pola Pikir yang Buruk

Kalau kalian mau pede, jangan cari-cari keburukan diri sendiri. Pasti sering banget kan ngomong dalem hati kalau diri kita itu ngga cukup cantik lah, ngga cukup pinter lah, ngga mampu atau yang lain-lain. Mulai sekarang, stop cari keburukan diri sendiri dan carilah apa yang membanggakan dari diri kalian. Pasti ada kok!

 

2.       Stop Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Setiap orang pasti ngga pernah ngerasa cukup atas dirinya sendiri, dan membandingkan diri dengan orang lain. Padahal, belum tentu juga orang itu lebih baik dari kalian.  So, be grateful for what you have.

 

3.       Melakukan Hal yang Kalian Kuasai

Kalau kalian ngga bisa apa yang orang lain bisa, jangan minder. Mungkin itu emang bukan keahlian kalian. Walaupun ngga bisa jadi multitalent, punya 1 bakat yang sangat menonjol bisa jadi hal yang luar biasa. Gali bakat dan potensimu, lalu kembangkan.

 

4.       Buat Mantra-Mantra Kalian Sendiri

Ini bukan berarti kalian harus bisa sihir ya. Mantra ini adalah kata-kata yang bisa bikin kalian ngerasa semangat dan ngga minder lagi. Jadi, kapanpun kalian ngga pede, tinggal sebutin mantra itu dalam hati dan kaya sihir, kata-kata itu bisa membuat kalian lebih percaya diri.

 

5.       Buat Penghargaan Kecil Untuk Diri Kalian

Setiap kalian udah melakukan hal yang membanggakan, berilah penghargaan kecil untuk diri sendiri. Hal ini bisa membuat kita lebih semangat dan percaya diri.

 

6.       Tarik Napas dan Tersenyumlah!

Hal terakhir dan yang paling penting. Senyum. Walaupun kedengerannya sepele, senyum punya efek yang luar biasa loh. Karena, senyum bisa nyemangatin diri kita sendiri dan membuat kita berpikiran positif.

 

Kunci dari rasa percaya itu sebenarnya adalah berpikir positif. Mulai sekarang, buatlah dirimu sendiri berharga dengan melakukan hal-hal yang membanggakan.


Semoga bermanfaat! J


Find us on:

Instagram&Twitter      : @kmjkonveksi

Facebook&Path         : KMJ Konveksi

Line@                       : @nfu0063b